Dinas Komunikasi dan Informatika

03 Maret 2021   660 kali  
Kabupaten Lumajang Sukses Raih Predikat Baik untuk Indeks SPBE 2020
Kabupaten Lumajang Sukses Raih Predikat Baik untuk Indeks SPBE 2020

Lumajang, Diskominfo - Sebagai tindak lanjut pelaksanaan kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi Data dan Informasi terkait implementasi SPBE Tahun 2018 - 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar kegiatan Rapat Koordinasi, yang bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Lumajang, Rabu (3/2/2021).

Dalam rakor tersebut, Ketua Tim Smart City dan Intelligent Excellent Center (SIEC) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Endroyono menjelaskan, bahwa mulai Tahun 2018 sampai 2020, Kabupaten Lumajang secara perlahan menunjukkan peningkatan yang bagus di bidang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Menurutnya, hal tersebut terbukti pada Tahun 2018 Kabupaten Lumajang memiliki nilai indeks SPBE 1,99. Kemudian, di Tahun 2019 nilai indeksnya naik menjadi 2,6, dan di Tahun 2020 nilai indeksnya kembali mengalami kenaikan menjadi 3,2.

"Dalam tiga tahun terakhir Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan yang signifikan dalam kinerja SPBE-nya,"ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengungkapkan, bahwa untuk dapat lebih menyukseskan SPBE, saat ini dirinya beserta Tim dari ITS membuat rekomendasi agar kepala Perangkat Daerah dan Lembaga terkait di Lumajang untuk memahami tugas masing-masing dalam mendukung setiap indikator yang ada di SPBE.

"Dalam waktu dekat diberikan rekomendasi agar semua indikator yang masih bermasalah itu segera dicari solusinya dan menjadi sebuah sarana untuk meningkatkan kinerja SPBE,"imbuhnya.

Dirinya menambahkan, bahwa terkait rencana realisasi Mal Pelayanan Publik, dirinya menilai itu adalah suatu perkembangan pembangunan yang sangat bagus, karena hal tersebut menjadi salah satu cara untuk mewujudkan Lumajang Smart City dan Lumajang yang berbasis SPBE.

Dirinya berharap agar nantinya Kabupaten Lumajang menjadi Smart City, serta memiliki SPBE yang bagus sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. (Kominfo-lmj/Bob/An-m)