Dinas Komunikasi dan Informatika

16 Desember 2020   279 kali  
Optimalkan Layanan Administrasi Pemerintahan, Diskominfo Lumajang Upgrade Aplikasi NADINE Versi 2.2
Optimalkan Layanan Administrasi Pemerintahan, Diskominfo Lumajang Upgrade Aplikasi NADINE Versi 2.2

Lumajang, Diskominfo – Untuk mempercepat proses birokrasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur meng-upgrade aplikasi persuratan elektronik/Naskah Dinas Elektronik (NADINE Versi 2.2) Pemkab Lumajang di akhir Tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang Dewi Sawitri saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi NADINE Tahun 2020, bertempat di Gedung Panti PKK Lumajang, Rabu (16/12/2020).

Dewi juga menyampaikan, bahwa layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik seperti Aplikasi NADINE merupakan bagian dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018. Dan, untuk kegiatan penyelenggaraan SPBE oleh pemerintah daerah selalu dipantau dan dievaluasi oleh Kementerian PAN-RB setiap tahunnya, dimana layanan kearsipan dinamis masuk dalam aspek ke-7 indikator 37, sesuai dengan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 59 Tahun 2020 tentang Pemantauan dan Evaluasi SPBE.

Selain itu, disampaikan juga terkait kebijakan daerah sebagai dasar penyelenggaraan sistem surat elektronik, yakni Bupati Lumajang Nomor 52 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem Surat Elektronik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang. Sedangkan sebagai dasar pedoman format surat mengacu pada Bupati Lumajang Nomor 43 Tahun 2017 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang.

"Jadi, aplikasi NADINE yang telah di-upgrade ke Versi 2.2 ini memiliki berbagai fitur baru yang ditambahkan, seperti Peningkatan Performa Aplikasi, 20 Jenis Tipe Surat sesuai Perbup Lumajang Nomor 52 Tahun 2019, Fitur Chat, Permohonan Fitur Baru, Riwayat Disposisi, Teruskan Disposisi, Pencarian lewat scan barcode, SMS Notifikasi dan Auto Responsive sesuai ukuran layar Gadget/HP/Laptop/PC," ujarnya.

Kegiatan bimtek tersebut menghadirkan Konsultan Pendamping Aplikasi NADINE Citra Darma Wida sebagai narasumber. Sedangkan, peserta bimtek adalah pejabat pengelola surat dan admin aplikasi NADINE dari seluruh perangkat daerah di lingkup Pemkab Lumajang. (Kominfo-lmj/An-m)

Banyak Dibaca

Sosialisasi Penertiban CFD dan CFN
09 Januari 2019 706 kali Baca...