Dinas Komunikasi dan Informatika

23 Juli 2019   43 kali  
KIM DESA DI LUMAJANG DIHARAPKAN JADI AGEN INFORMASI UNTUK ANGKAT POTENSI LOKAL
KIM DESA DI LUMAJANG DIHARAPKAN JADI AGEN INFORMASI UNTUK ANGKAT POTENSI LOKAL

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa/Kelurahan yang baru terbentuk diharapkan mampu menjadi agen informasi untuk kepentingan masyarakat, dengan mengangkat potensi lokal di desa maupun di kelurahan masing-masing.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lumajang Sukamto saat membuka acara Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat Desa/Kelurahan se-Kabupaten Lumajang Tahun 2019, bertempat di Ruang Narariya Kirana Kantor Bupati Lumajang, Jawa Timur, Selasa (23/7/2019).

Sukamto juga menyampaikan, bahwa sebagai agen informasi yang bisa membantu menyebarluaskan berita-berita atau informasi dari pemerintah kepada masyarakat, maupun dari masyarakat kepada pemerintah, KIM perlu ditingkatkan wawasannya.

“Untuk itu, ke depannya Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang akan terus memberikan dorongan, dan pembinaan kepada KIM desa/kelurahan, sehingga nantinya KIM yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat bisa mandiri dan kreatif dalam mengelola informasi, serta pemberdayaan masyarakat,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Persandian Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan arahan dan pembinaan kepada seluruh KIM Desa/Kelurahan se-Kabupaten Lumajang, agar KIM Desa/Kelurahan dapat menjalankan perannya sebagai mitra kerja pemerintah dalam sebar dan serap informasi.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan, kegiatan pembinaan tersebut dihadiri dan diikuti oleh sekitar 226 orang peserta, yang terdiri dari 21 orang perwakilan dari Kecamatan, dan 205 orang pengurus KIM Desa, maupun Kelurahan se-Kabupaten Lumajang.

“Kami berharap dengan adanya pembinaan ini, para peserta bisa memperoleh manfaat yang besar untuk dapat meningkatkan eksistensi KIM dalam kegiatan serap, dan sebar informasi pembangunan,” harapnya. (Kominfo-lmj)

 

Banyak Dibaca