Dinas Komunikasi dan Informatika

12 Desember 2019   27 kali  
DISKOMINFO LUMAJANG GELAR GRAND FINAL LCCK DAN LOMBA MENULIS BERITA KIM TINGKAT KABUPATEN
DISKOMINFO LUMAJANG GELAR GRAND FINAL LCCK DAN LOMBA MENULIS BERITA KIM TINGKAT KABUPATEN

Lumajang, Diskominfo – Untuk mengukur manfaat KIM dalam memilih, memilah, mengolah dan menyampaikan informasi sesuai kebutuhan masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lumajang menyelenggarakan kegiatan Grand Final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) dan Lomba Menulis Berita KIM Tingkat Kabupaten Lumajang Tahun 2019, betempat di Hall Rumah Makan Istana Kuliner Lumajang, Jawa Timur, Kamis (12/12/2019).

Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Persandian Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang Iwan Hadi Purnomo saat membuka acara mengatakan, kegiatan LCCK tersebut bertujuan untuk mengukur kemampuan KIM dalam mencari/mengumpulkan informasi serta mendiseminasikan informasi dengan cara yang efektif.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan, bahwa selain itu juga bertujuan untuk mengetahui kecerdasan dan ketelitian KIM dalam menyerap dan memahami, memilah dan memilih informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat nantinya. Dan, mengetahui kemampuan KIM dalam memanfaatkan dan menyampaikan informasi kepada khalayak/publik sebagai satu tim dan mendapat umpan balik yang positif dari masyarakat.

“Jadi, dengan diselenggaran LCCK ini, kami dapat mengetahui kemampuan KIM dalam mencari, menyerap, memilah dan memilih, serta memanfaatkan dan menyampaikan informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi kelompok maupun masyarakat,” katanya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh tiga Kelompok Infomasi Masyarakat (KIM) yang terpilih sebagai peserta Grand Final LCCK KIM Tingkat Kabupaten Lumajang Tahun 2019, yakni KIM Rowo Berseri Desa Keraton Kec. Yosowilangun, KIM Bimo Desa Bades Kec. Pasirian dan KIM Puspanyidra Desa Gucialit Kec. Gucialit, serta dihadiri oleh Ketua KIM Desa se-Kabupaten Lumajang.

Sementara itu, Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang Bekti Sawiji dalam laporannya menyampaikan, bahwa hari ini merupakan Grand Final LCCK KIM dan Lomba Menulis Berita KIM Desa se-Kabupaten Lumajang, dengan tujuan dapat meningkatkan kapasitas KIM dalam kegiatan serap, olah dan sebar informasi pembangunan di Lumajang.

Lanjut dia, dalam kegiatan ini Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang menghadirkan tiga dewan juri, yakni Gatot Suprabowo dari TP PKK, Heri Susanto selaku Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga, dan Bekti Sawiji selaku Kasi Kemitraan Komunikasi Publik Diskominfo Kab. Lumajang.

Diakhir kegiatan, juga diumumkan pemenang LCCK dan Lomba menulis berita KIM, sekaligus diserahkan piala penghargaan dan dana pembinaan. Adapun pemenang dalam Grand Final LCCK KIM, diantaranya Juara I yang diraih oleh KIM Rowo Berseri Desa Keraton, Juara II diraih oleh KIM Puspayindra Desa Gucialit, dan Juara III diraih oleh KIM Bimo Desa Bades.

Sedangkan, untuk pemenang Lomba Menulis Berita, diantaranya Juara I yang diraih KIM Desa Kertosari Kec. Pasrujambe, Juara II diraih oleh KIM Desa Karangbendo Kec. Tekung, dan Juara III diraih oleh KIM Desa Besuk Kec. Tempeh. (Kominfo-lmj)

 

Banyak Dibaca