Dinas Komunikasi dan Informatika

29 Oktober 2019   354 kali  
TINGKATKAN PENYEBARLUASAN INFORMASI MELALUI PENINGKATAN KEMAMPUAN JURNALISTIK
TINGKATKAN PENYEBARLUASAN INFORMASI MELALUI PENINGKATAN KEMAMPUAN JURNALISTIK

Dalam rangka Peningkatan Ilmu Jurnalistik Aparatur Pemerintah serta penyebarluasan informasi kepada masyarakat semakin cepat dan akurat, staf Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Lumajang mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Jurnalistik se- wilayah Bakorwil V Jember khususnya bagi pengelola website yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur di Ruang Rapat Bakorwil V Jember, Selasa (29/10/2019).

Kepala Bakorwil V Jember, R. Tjahyo Widodo menuturkan bahwa kesempatan belajar jurnalistik ini merupakan kesempatan emas untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik karena dibimbing langsung oleh konsultan jurnalistik yang berpengalaman. Ia berpesan agar peserta menguasai serta mengembangkan kemampuan menulis berita sesuai dengan standar penulisan, yakni 5W+1H.

“Jangan disia-siakan untuk kita belajar bersama berkarya di bidang jurnalistik,” tegasnya saat membuka acara tersebut. 

Selain belajar jurnalistik, R. Tjahyo Widodo menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memenuhi keinginan Gubernur Jawa Timur, Indah Parawansah agar Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Prov. Jawa Timur mampu mempunyai sebuah big data (data besar) yang selalu terhubungkan dengan website dan media sosial. Namun problematika yang sedang dihadapi saat ini adalah kesulitan mendapatkan data informasi tersebut. Oleh karena itu, ia meminta kepada peserta bimtek agar dapat menghubungkan data informasi instansi ke Dinas Kominfo Prov. Jawa Timur.

Sementara itu di pihak lain, Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Prov. Jawa Timur, Edi Supaji melaporkan tujuan bimtek jurnalistik yakni, meningkatkan pelayanan informasi publik dalam karya jurnalistik instansi pemerintah, pemahaman teknis penulisan berita tentang pelayanan publik di media online, serta meningkatkan inovasi dan profesionalisme dalam bidang jurnalistik.

Bimtek ini diikuti sejumlah 50 peserta terdiri dari Bakorwil V Jember, Dinas Kominfo se- Bakorwil V Jember, dan Cabang Pendidikan Prov. Jawa TimuR di Jember, serta UPT se- Kab. Jember. Penyampaian sesi materi disampaikan oleh konsultan jurnalistik Dinas Kominfo Prov. Jawa Timur, Zainal Arifin Emka. (Kominfo-lmj)

 

Banyak Dibaca

Sosialisasi Penertiban CFD dan CFN
09 Januari 2019 706 kali Baca...