Dinas Komunikasi dan Informatika

02 Desember 2019   79 kali  
PEMBINAAN KIM, GAIRAHKAN SEBAR SERAP INFORMASI
PEMBINAAN KIM, GAIRAHKAN SEBAR SERAP INFORMASI

Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat diharapkan dapat gairahkan sebar dan serap informasi. Keinginan itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Persandian, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, Iwan Hadi Purnomo dalam kegiatan Pembinaan KIM Desa/Kelurahan Kabupaten Lumajang, Senin (2/12/2019).

Iwan mengatakan bahwa KIM harus membantu pemerintah dalam meneruskan informasi kepada masyarakat. Dengan demikian arus informasi dari pemerintah ke masyarakat atau sebaliknya menjadi lebih lancar. “Upaya sebar serap informasi sudah menjadi tugas dari KIM," kata Iwan.

Kegiatan yang bertempat di Ruang Narrarya Kirana Pemerintah Kabupaten Lumajang itu dihadiri oleh ketua KIM Desa/Kelurahan se-Kabupaten Lumajang dan didampingi oleh para Camat. Adapun materi yang disampaikan dalam kesempatan itu antara lain sosialisasi program Lapor Lumajang, tips menulis berita, dan sosialisasi lomba-lomba untuk KIM Kabupaten Lumajang.

Sosialisasi tentang program “Lapor Lumajang” disampaikan oleh Admjn Grup Facebook Lapor Lumajang, Ainul Yakin. Pada kesempatan tersebut Ainul memaparkan tata cara warga Lumajang yang ingin melaporkan segala sesuatu yang menjadi keluhan mereka melalui Facebook. Pemerintah Kabupaten Lumajang memiliki grup Facebook yang bernama “Lapor Lumajang”. 

Grup ini sampai sekarang sudah memiliki 13.895 anggota. Dalam perjalannya grup ini telah banyak membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan publik yang mereka hadapi seperti: jalan rusak, sungai mampet karena sampah, pencemaran limbah pabrik, pelanggaran lalu lintas dll. Ainul menjelaskan bahwa ketika seseorang ingin melapor, maka dia harus memperhatikan etika melapor seperti No Hoax, Singkat-Padat-Jelas, Tidak Menghakimi, dan menyertakan foto.

Pembicara kedua yang menyampaikan paparan adalah Pengelola Media Center, Muhamad Khoirul Anam. Anam memaparkan tentan tips menulis berita terutama dari sisi pembuatan kalimat. Selama paparan Anam menjelaskan seperti apakah kalimat yang efektif dalam sebuah berita, bagaimanakah judul berita yang tepat, dan seperti apakah berita yang memberi nilai. Menurut Anam, berita yang memberi nilai adalah berita yang mendidik masyarakat, memberdayakan masyarakat, mencerahkan masyarakat, menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, meningkatkan rasa cinta tanah air, dan menginspirasi.

Paparan dua sesi ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta dari unsur ketua KIM Desa/Kelurahan banyak yang mengajukan pertanyaan kepada kedua nara sumber.

Ketika sesi dialog itu selesai, kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi Publik, Bekti Sawiji. Paparan ini lebih tepat dikatakan sebagai sosialisasi persiapan lomba-lomba KIM. Tetapi sebelum sosialisasi tersebut dimulai, Bekti mengawali sesi dengan mengajak seluruh KIM untuk memerangi hoax.

Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan ciri hoax dan cara sederhana mendekteksi hoax melalui Google. Ini sangat diminati oleh seluruh peserta karena Bekti mengajak peserta untuk langsung mempraktikkan cara mendeteksi hoax tersebut.
 
Selanjutnya Bekti mulai menyosialisasikan perihal lomba. Dia mengatakan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika akan mengadakan 2 jenis lomba, yaitu Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) dan Lomba Menulis Berita. Untuk dapat mengikuti kedua lomba tersebut, KIM hanya perlu mendaftar melalui Google form yang tautannya sudah diberikan.

Ada dua tautan yang harus diakses oleh KIM yaitu tautan LCCK dan tautan Menulis Berita. Dalam formulir itu, KIM diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan dan mengunggah beberapa dokumen yang diminta seperti foto-foto KIM dan daftar berita yang pernah ditulis dan diunggah ke internet oleh KIM. (Kominfo-lmj)

Banyak Dibaca