Dinas Komunikasi dan Informatika

25 Februari 2020   418 kali  
ASN DISKOMINFO LUMAJANG MENDAPAT SOSIALISASI SENSUS PENDUDUK 2020
ASN DISKOMINFO LUMAJANG MENDAPAT SOSIALISASI SENSUS PENDUDUK 2020

Untuk menyukseskan Sensus Penduduk 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Lumajang gencar melakukan sosialisasi ke instansi pemerintahan. Selasa (25/02/2020) giliran Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang yang mendapatkan pengarahan bagaimana proses Sensus Penduduk 2020, khususnya Sensus Penduduk online.

Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Lumajang, Abdul Mutholib menjelaskan bahwa pengisian mandiri secara online ini diharapkan bisa menciptakan pengumpulan data yang akurat dan mutakhir serta dapat menjadi bahan pengambilan kebijakan terkait kependudukan dan perencanaan pembangunan yang lebih baik. Ia berharap setelah sosialisasi, ASN dapat memberikan pemahaman dan dapat menjadi pelopor SP Online kepada masyarakat sekitarnya.

“Pendekatan ke ASN dlu, nantinya kalau ASN sudah bisa, diharapkan menjadi agen SP online kepada masyarakat sekitarnya,” harapnya.

Abdul Mutholib menjelaskan bahwa untuk pertama kalinya Sensus Penduduk di  Indonesia diselenggarakan menggunakan sistem online.  Pengisian sensus online dapat dilakukan di laman https://sensus.bps.go.id/. 

Abdul Mutholib menjelaskan bahwa sebelum melakukan pengisian sensus Anda diminta untuk menyiapkan beberapa dokumen pribadi seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), buku nikah, dokumen cerai/surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika diperlukan.

Informasi yang disampaikan nantinya akan dijamin kerahasiaannya oleh BPS berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Bagi seluruh warga negara Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi membantu pemerintah dalam mendata informasi kependudukan. (Kominfo-lmj/Ydc) 

 

Banyak Dibaca

Sosialisasi Penertiban CFD dan CFN
09 Januari 2019 706 kali Baca...