Dinas Komunikasi dan Informatika

21 Juli 2020   405 kali  
KIM Berkah Desa Barat Selenggarakan Lomba Menulis
KIM Berkah Desa Barat Selenggarakan Lomba Menulis

Lumajang, Diskominfo – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lumajang akan mendukung upaya dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), untuk dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam membangun daerah, khususnya di bidang komunikasi.

“Jika nantinya KIM membentuk komunitas penulis, maka Dinas Komunikasi dan Informatika akan siap memfasilitasinya dengan memberikan pembinaan jurnalistik, sehingga akan dapat mendukung pemerintah dalam membangun wilayah,” kata Plt. Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang Bekti Sawiji dalam acara Pengumuman dan Penyerahan Hadiah Lomba Menulis yang diselenggarakan oleh KIM Berkah, bertempat di Balai Desa Barat Kecamatan Padang, Selasa (21/7/2020).

Bekti juga mengatakan, bahwa saat ini aktivitas tulis-menulis mulai langka atau jarang ditemukan, terutama di kalangan generasi milenial. Dan, mereka lebih memilih untuk  berkegiatan yang sifatnya pasif, yaitu mendengar dan menonton.

Lanjut dia, hadirnya teknologi informasi memungkinkan siapapun untuk menikmati sajian-sajian yang memanjakan, sekaligus menjadikan orang lebih pasif dan malas. Kehadiran berbagai platform media sosial dan tontonan di situs berbagi video YouTube adalah contoh nyata dari kemajuan teknologi informasi yang membuat generasi kita malas membaca apalagi menulis.

“Hal ini yang menciptakan kegelisahan anggota KIM Berkah Desa Barat. Dan, dari kegelisahan itu, akhirnya KIM Berkah menyelenggarakan kegiatan lomba menulis dengan tajuk : Lomba Karya Tulis Ilmiah “NEW NORMAL” di tingkat desa,” ujarnya.

Menurut dia, perlunya edukasi tatanan new normal, penggunaan media sosial dengan bijak, dan peningkatan budaya baca tulis di Desa Barat melatarbelakangi kegiatan lomba tersebut. Dan, tidak diduga ternyata antusias peserta yang turut ambil bagian dalam lomba ini cukup tinggi.

Bekti menambahkan, bahwa acara pengumuman pemenang lomba menulis tersebut digelar dengan sederhana dan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan para peserta lomba tampak antusias mengikuti acara dari awal sampai akhir.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Camat Padang, Kepala Desa barat, Babinsa, Pengurus KIM Berkah, Pengurus PKK Desa Barat dan seluruh peserta lomba. Dan, kehadiran Kepala Desa Barat Supar, merupakan dukungan penuh terhadap KIM.

Sementara itu, Camat Padang Yudho Hariyanto menerangkan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dengan terlaksananya kegiatan milenial tersebut. Dan, dirinya berharap nantinya akan ada lagi inovasi dari KIM untuk dapat membantu pemerintah dalam hal dokumentasi dan informasi. 

“Dari Dana Desa, kita juga mengalokasikan masing-masing desa untuk operasional kegiatan KIM. Kami juga berharap agar ke depan, KIM tidak hanya menyelenggarakan lomba menulis melainkan menyelenggarakan lomba-lomba lainnya seperti lomba pembuatan konten video,” terang dia.

Sementara, Ketua KIM Berkah Desa Barat Syaifunnuri dalam laporannya mengungkapkan, bahwa lomba menulis tersebut diikuti oleh sekitar 31 orang peserta, dengan kategori pelajar maupun umum. Ia juga mengungkapkan, antusias masyarakat sangat bagus dalam mengikuti lomba menulis yang diselenggarakan oleh KIM.

“Antusias masyarakat dalam mengikuti lomba sangat bagus, karena kegiatan ini masih awal, dengan jumlah 31 orang. Ini membuat kita ingin mengadakan lagi tahun depan,” pungkasnya. (Kominfo-lmj/B-kti/An-m)

Banyak Dibaca

Sosialisasi Penertiban CFD dan CFN
09 Januari 2019 706 kali Baca...