Dinas Komunikasi dan Informatika

25 Juli 2020   379 kali  
Diskominfo Lumajang Apresiasi Upaya Serap, Olah dan Sebar Informasi KIM Desa Banjarwaru
Diskominfo Lumajang Apresiasi Upaya Serap, Olah dan Sebar Informasi KIM Desa Banjarwaru

Lumajang, Diskominfo - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang memberikan apresiasi upaya yang dilakukan oleh Kelompok Infomasi Masyarakat (KIM) Desa Banjarwaru dalam kegiatan serap, olah dan sebar informasi pembangunan di wilayahnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang Bekti Sawiji saat melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) pada KIM Desa Banjarwaru binaannya, bertempat di Balai Desa Banjarwaru Kabupaten Lumajang, Jumat (25/7/2020).

Bekti juga menyampaikan, bahwa Desa Banjarwaru merupakan salah satu Desa di Kecamatan Lumajang yang memiliki potensi informasi sangat bagus. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan adanya dukungan penuh dari pemerintah desa, sehingga KIM Desa Banjarwaru berhasil muncul sebagai kelompok yang mampu menyerap dan menyebarkan informasi di desanya dengan sangat baik, melalui berbagai media yang dikelolanya seperti Majalah, Website, dan Media sosial.

Lanjut dia, saat kegiatan monev berlangsung, kegiatan tersebut juga diliput oleh KIM dan disiarkan secara live melalui akun media sosial platform Facebook @KIM Banjarwaru. Dalam kesempatan itu KIM menunjukkan berbagai capaian dalam hal sebar serap informasi. Pertama, KIM menunjukkan kepada TIM majalah yang berhasil mereka terbitkan.

“Saat ini KIM Desa Banjarwaru telah menerbitkan 3 edisi. Dan, edisi yang ke-3 ini dicetak dengan full colour, dengan konten berita terkait serba-serbi kegiatan desa, profil kepala desa dan potensi masyarakat desa,” ujar dia.

Selain majalah, KIM Desa Banjarwaru juga memiliki website yang cukup bagus, dengan alamat website www.banjarwaru.com, yang ini murni garapan anggota KIM Desa Banjarwaru yang umumnya merupakan kelompok milenial. Website tersebut terlihat sangat profesional sehingga menuai pujian dari Dinas Komunikasi dan Informatika, karena hingga saat ini masih sulit menemukan KIM Desa yang memiliki media informasi berupa majalah dan website.

“Salut untuk KIM Desa Banjarwaru, jangankan di Kabupaten Lumajang, di Provinsi Jawa Timur pun sulit kita menemukan KIM yang memiliki potensi sebar serap informasi sebagus ini,” katanya.

Bekti juga berharap, agar ke depan KIM dapat terus melakukan inovasi dalam mengolah informasi dan menjadikannya sebagai berita yang layak dikonsumsi oleh masyarakat. Dan, ia juga ingin selain media yang sudah ada, KIM juga menggunakan media YouTube untuk membantu kegiatan sebar informasi.

Kegiatan tersebut juga diihadiri oleh Kepala Desa Banjarwaru, Ketua Forum Komunikasi KIM Kecamatan Lumajang, dan Pengurus KIM Desa Banjarwaru.

Sementara itu, Kepala Desa Banjarwaru Samsul Arifin menerangkan, bahwa dalam suatu kesempatan, Bupati Lumajang juga mengapresiasi keberadaan KIM terutama setelah melihat majalah terbitan KIM pada beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, Samsul berharap agar KIM dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas majalah tersebut. 

“Saya ingin ketebalan majalah ini ditambah,” kata dia. 

Samsul juga berharap, agar Dinas Kominfo dapat memberi dukungan kepada KIM Banjarwaru dalam hal kecepatan informasi. “Saya berharap Kominfo mendukung dan memberikan informasi kepada KIM Banjarwaru agar kita tidak terlambat dengan update informasi,” harapnya. (Kominfo-lmj/Widi/An-m)

Banyak Dibaca

Sosialisasi Penertiban CFD dan CFN
09 Januari 2019 706 kali Baca...