Dinas Komunikasi dan Informatika

26 September 2020   434 kali  
Diskominfo Lumajang Kunker Smart City ke Pemko Medan
Diskominfo Lumajang Kunker Smart City ke Pemko Medan

Lumajang, Diskominfo – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, Jawa Timur melakukan kegiatan kunjungan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota (Pemko) Medan, untuk mengetahui lebih dalam tentang Implementasi Smart City.

“Kami (Pemkab Lumajang, red) ingin bersilaturahim ke Pemko Medan, dengan tujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang Implementasi Smart City, dan Pola Pembelajaran Daring serta Penggunaan Gadget pada Masa Pandemi di Kota Medan,” ujar Kepala Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lumajang Yoga Pratomo saat kegiatan Kunjungan Kerja ke Pemko Medan, Jumat (25/9/2020).

Yoga juga menyampaikan, bahwa sebagai upaya mewujudkan Smart City, Pemkab Lumajang juga telah merencanakan pembangunan fasilitas pusat kendali berbasis teknologi informasi, yang terintegrasi atau Command Center. 

“Kami berencana akan membangun fasilitas pusat kendali berbasis teknologi informasi. Untuk itulah, kami melakukan kunjungan kerja ke Pemko Medan yang telah mempunyai Command Center,” kata dia.

Dalam kunjungan tersebut, pihaknya diterima oleh Staf Ahli Wali Kota Medan Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Syarifuddin Irsan Dongoran, yang didampingi oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Zain Noval dan Kadis Pendidikan Kota Medan, Adlan.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Command Center Dinas Kominfo, Yoga Pratomo mengatakan, sebagai upaya mewujudkan Smart City, Pemkab Lumajang juga telah merencanakan pembangunan fasilitas pusat kendali berbasis teknologi informasi yang terintegrasi atau command center. 

Sementara itu, Zain Noval menerangkan, bahwa selama pandemi Covid-19, Pemko Medan telah membangun sejumlah aplikasi pendukung Smart City, yakni aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB Online), website Covid 19 Kota Medan, Aduan Bantuan Sosial Covid-19, Distribusi Alat Kesehatan Covid-19, Dana Bantuan/Hibah Covid-19, Logistik Covid-19, Data Pasien Covid-19 Medan, dan Data Pasien Covid-19 Nasional.   

“Jadi, selama pandemi Covid-19, kami membangun sejumlah aplikasi yang lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat tanpa bertatap muka, dan itu sangat berperan dalam penanganan pandemi Covid-19,” terang dia.

Ia menambahkan, bahwa Pemko Medan juga telah memiliki berbagai aplikasi pendukung smart city, antara lain Simda Keuangan, e-Perencanaan Daerah, SIM Kepegawaian, SIM Kependudukan, Sibisa, SIM Pelayanan Perizinan Terpadu, Area Traffic Control System, Perpustakaan Online, SIKAP, Medan Rumah Kita yang terintegrasi dengan LAPOR. 

“Konsep Medan Smart City adalah melingkupi smart environment, smart mobility, smart government, smart economy, smart people, smart living, dan smart disaster, dan Medan termasuk salah satu kota dari 100 Smart City di Indonesia,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan dari Pemkab Lumajang dipandu untuk berkeliling melihat sejumlah fasilitas pusat kendali berbasis teknologi informasi, seperti Command Center Pemko Medan. (Kominfo-lmj)

Banyak Dibaca

Sosialisasi Penertiban CFD dan CFN
09 Januari 2019 706 kali Baca...