Dinas Komunikasi dan Informatika

26 Februari 2024   64 kali  
Diskominfo Lumajang akan Bersinergi dengan BPSDMP Kominfo Surabaya untuk Membangun SDM Unggul di Era Digital
Diskominfo Lumajang akan Bersinergi dengan BPSDMP Kominfo Surabaya untuk Membangun SDM Unggul di Era Digital

Lumajang, Diskominfo - Dalam upaya mengoptimalkan pengembangan kompetensi di dunia digital, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lumajang tengah mengkaji kerja sama strategis dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Surabaya.

Saat dimintai keterangan di sela kesibukkannya, Senin (26/2/2024), Plt. Kepala Diskominfo Kabupaten Lumajang, Mustaqim menerangkan, bahwa beberapa waktu lalu BPSDMP Kominfo Surabaya datang ke Kantor Diskominfo Kabupaten Lumajang untuk beraudiensi terkait pengembangan kompetensi di dunia digital. 

“Harapannya, kerja sama ini akan bisa membuka peluang luas bagi masyarakat Lumajang untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi digital,” terang dia.

Menurut Mustaqim, potensi kerja sama tersebut sangat besar dalam mendukung peningkatan kompetensi digital di wilayah Kabupaten Lumajang.

"Kerja sama ini merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa pegawai Pemkab. Lumajang serta masyarakat Kabupaten Lumajang dapat mengikuti perkembangan teknologi digital dengan baik melalui peningkatan skill digital," jelasnya. 

Adapun program yang diinisiasi nantinya akan melibatkan Digital Talent Scholarship dan Digital Entrepreneurship Academy. Digital Talent Scholarship akan memberikan pelatihan intensif mengenai analisis data, desain, digital marketing, web development, dan content creator.

Sementara, Digital Entrepreneurship Academy akan fokus pada pengembangan kompetensi kewirausahaan di ranah digital.

Mustaqim menekankan bahwa kerja sama tersebut juga bertujuan untuk mencetak generasi yang siap menghadapi tantangan di era digital.

"Melalui program ini, kami berharap dapat mencetak generasi yang siap menghadapi tantangan di era digital, serta dapat mendongkrak Indeks Masyarakat Digital di Lumajang," ujarnya.

Sementara itu, Analis Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan BPSDMP Kominfo Surabaya Moh. Khusaeri mengatakan, bahwa pihaknya juga menyambut baik rencana kerja sama tersebut. Mereka percaya bahwa kolaborasi tersebut dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan sumber daya manusia di bidang teknologi dan kewirausahaan digital.

Dirinya juga mengharapkan, program tersebut bisa menjadi tonggak penting dalam penciptaan ekosistem yang mendukung pertumbuhan dan adaptasi masyarakat terhadap perkembangan dunia digital.  (Kominfo-lmj/Hend)

Banyak Dibaca