Dinas Komunikasi dan Informatika

16 Juni 2022   92 kali  
Kadis Kominfo Lumajang : Ketersediaan Data yang Lengkap dan Berkualitas adalah Sebuah Keharus
Kadis Kominfo Lumajang : Ketersediaan Data yang Lengkap dan Berkualitas adalah Sebuah Keharus

Lumajang, Diskominfo - Ketersediaan data yang lengkap dan berkualitas adalah sebuah keharusan, karena dengan tersedianya data yang lengkap dan berkualitas, maka pelayanan di bidang data dan informasi kepada stakeholder maupun publik bisa dinilai optimal.

“Menyediakan data yang lengkap dan berkualitas itu wajib, karena dengan data yang lengkap dan berkualitas dapat dibuat perencanaan, monitoring dan evaluasi serta dapat memformulasikan kebijakan yang tepat sasaran dan fokus,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lumajang, Paiman saat memberikan arahan dalam kegiatan Rakor Penyusunan Buku Saku Statistik Sektoral Tahun 2022, bertempat di Ruang Rapat Khresna Kantor Dinas Kominfo Kab. Lumajang, Kamis (16/6/2022).

Paiman juga mengatakan, bahwa di Kabupaten Lumajang telah ada Portal Satu Data, dan portal tersebut berisi data semua instansi yang menghasilkan data terkait Lumajang. 

Lanjut dia, adapun data yang tersedia dalam format terbuka dan mudah digunakan kembali, dengan harapan bahwa pengguna portal tersebut dapat memanfaatkan data yang tersedia untuk mewujudkan, dan mendukung program pembangunan Kabupaten Lumajang.

Dirinya berpesan kepada seluruh perangkat daerah, agar dapat menyuguhkan data-data sektoral yang beragam, akurat, faktual, dan tepat waktu. Mengingat, data yang disuguhan tersebut akan menjadi ukuran kinerja masing-masing perangkat daerah.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang Joni Hidayat menjelaskan, bahwa untuk rekomendasi teknis pengumpulan data yang harus dilakukan oleh perangkat daerah diantaranya, Frekuensi pengumpulan datanya tepat waktu (bulanan/ tribulan/ semester/ tahunan).

Kemudian, Format Data yang dikumpulkan cenderung stabil (konsisten, tidak berubah dari waktu ke waktu), dan jika ada Pergantian Operator portal satu data diharapkan melakukan konfirmasi dengan disertai surat tugas, sehingga tetap ada petugas yang bertanggung jawab mengunggah data.

Ia berharap, agar ke depan perangkat daerah meningkatkan komitmennya untuk menyuguhkan data statistik sektoral pada Portal Satu Data Kabupaten Lumajang, sehingga dapat terwujud data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, dan dapat diakses oleh stakeholders maupun publik. (Kominfo-lmj/An-m)

Banyak Dibaca

Sosialisasi Penertiban CFD dan CFN
09 Januari 2019 706 kali Baca...