Dinas Komunikasi dan Informatika

18 Oktober 2023   294 kali  
Diskominfo Lumajang akan Siapkan 25 Desa sebagai Pilot Project PPID Desa di Tahun 2024
Diskominfo Lumajang akan Siapkan 25 Desa sebagai Pilot Project PPID Desa di Tahun 2024

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dinilai telah berjalan cukup baik. Oleh karena itu, di tahun 2024 nanti, pihaknya akan berfokus pada pembinaan PPID Desa.

“Kami merasa PPID sudah cukup berjalan dengan baik, dilihat dari hasil monev dan pengumpulan daftar informasi dari PPID Pelaksana. Untuk selanjutnya kami akan membina perangkat desa. Kami rasa perlu adanya pembinaan kepada perangkat desa terkait keterbukaan informasi,” terang Plt. Kadis Kominfo Kabupaten Lumajang, Mustaqim saat menerima kunjungan Verifikasi Faktual (Visitasi) dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, bertempat di Ruang Kerjanya, Rabu (18/10/2023).

Mustaqim juga menerangkan, bahwa Diskominfo akan berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lumajang untuk membuat pilot project percontohan PPID Desa.

“Pembinaan terhadap PPID Desa akan kami lakukan secara bertahap, sudah kami siapkan website desa, tinggal kami lakukan pembinaan kepada 25 desa,” jelas dia.

Sementara itu, Komisioner KI Jatim, Edi Purwanto mengatakan, bahwa pihaknya akan terus memberikan dukungan kepada semua kabupaten/kota, agar semua badan publik termasuk desa dapat mengimplementasikan nilai Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

“Harapan kami kedepannya Standar Layanan Informasi Publik Desa dapat kami sosialisasikan kepada seluruh desa. Tentu kami sangat mendukung langkah Diskominfo untuk melaksanakan program tersebut,” harapnya. (Kominfo-lmj/Hend)

Banyak Dibaca