Dinas Komunikasi dan Informatika

16 Maret 2024   88 kali  
Tren Positif, Dinas Kominfo Lumajang Catat Penurunan Pengaduan dalam Laporan Februari 2024
Tren Positif, Dinas Kominfo Lumajang Catat Penurunan Pengaduan dalam Laporan Februari 2024

Lumajang, Diskominfo - Dalam upaya mendorong transparansi dan keterlibatan publik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lumajang kembali menghadirkan laporan rekapitulasi pengaduan publik melalui kanal yang dikelolanya untuk bulan Februari 2024.

"Laporan ini disajikan untuk setiap bulannya, sebagai upaya dalam mendorong transparansi dan partisipasi publik melalui informasi yang akurat dan mudah diakses," kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Mustaqim, dalam keterangan di sela kesibukannya, Sabtu (16/3/2024).

Mustaqim juga mengatakan, berdasarkan laporan tersebut, terlihat adanya penurunan jumlah pengaduan publik pada bulan Februari 2024. Dari tiga saluran yang dikelola oleh Dinas Kominfo, seperti SP4N Lapor dengan 4 pengaduan, Portal Lapor Lumajang dengan 9 pengaduan, dan FB Lapor Lumajang dengan 28 pengaduan, total pengaduan mencapai angka 41 pengaduan, menurun dari bulan sebelumnya yang mencapai 43 pengaduan.

Meskipun demikian, fokus utama pengaduan masih terkait dengan masalah gangguan saluran air dan infrastruktur. Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat masih aktif dalam berpartisipasi dalam memantau dan melaporkan masalah yang terjadi di sekitar mereka.

Ia menambahkan, bahwa dalam menanggapi pengaduan-pengaduan tersebut, Dinas Kominfo Lumajang, bekerja sama dengan perangkat daerah terkait, berhasil menindaklanjuti lebih dari 90 persen dari total pengaduan.

“Hal ini menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam merespons kebutuhan dan keluhan masyarakat dengan cepat dan tepat,” imbuh dia.

Dengan adanya laporan tersebut, diharapkan masyarakat dapat semakin percaya dan aktif dalam melaporkan setiap permasalahan yang mereka temui, sehingga pemerintah dapat terus bergerak dalam meningkatkan kualitas hidup dan pelayanan publik di Kabupaten Lumajang. (Kominfo-lmj/Hend)

Banyak Dibaca